How to Prepare Delicious Tahu Petis Khas Semarang

Tahu Petis Khas Semarang. Tahu Petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu pong goreng dengan bumbu petis didalamnya dan disajikan dengan cabe rawit. Tahu Petis Yudhistira menyajikan tahu pong yang segar dan renyah dipadu dengan bumbu petis udang yang diramu dengan resep spesial. MerahPutih Kuliner – Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu.

Tahu Petis Khas Semarang KOMPAS.com – Tahu petis terkenal sebagai camilan gurih dari Semarang, Jawa Tengah. Namun tahu petis tak hanya ada di Semarang. Di Cisarua, Bogor, tepatnya di sepanjang Jalan Kapten Harun Kabir juga banyak penjual tahu petis. You can cook Tahu Petis Khas Semarang using 14 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Tahu Petis Khas Semarang

  1. You need 3 bh of Tahu Putih, potong sesuai selera.
  2. It’s 1 sdm of Garam.
  3. Prepare 1 siung of Bawang Putih, haluskan.
  4. It’s 1 sdt of Ketumbar.
  5. It’s 100 ml of Air.
  6. It’s 200 ml of Minyak Goreng.
  7. You need of Bahan Petis.
  8. You need 100 gr of Petis Udang.
  9. You need 15 bh of Cabai Rawit.
  10. It’s 1 siung of Bawang Putih uk besar.
  11. You need 1/4 sdt of Garam.
  12. Prepare 1 sdm of Gula Merah, sisir.
  13. It’s 1 lbr of Daun Jeruk.
  14. It’s 75 ml of Air.

Lantas apa bedanya tahu petis khas Semarang dengan khas Bogor? Tahu petis (Hanacaraka:ꦠꦲꦸ ꦥꦼꦠꦶꦱ꧀) adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan/disisipkan di tengah-tengah tahu. Tahu Petis Prasojo merupakan salah satu pionir tahu petis yang berada di Semarang. Tahu petis yang merupakan makanan khas Semarang yang memiliki yang mampu menggugah selera.

Baca Juga  Recipe: Delicious Ayam Sapi Suwir

Tahu Petis Khas Semarang step by step

  1. Siapkan bahan. Rendam potongan tahu dengan campuran garam, bawang putih, ketumbar dan air. Sisihkan..
  2. Siapkan penggorengan, tuang minyak goreng lalu masukkan tahu yang telah direndam dan goreng hingga matang dan kuning keemasan, bisa juga hingga kulitnya garing. Angkat, tiriskan..
  3. Buat petis : Haluskan cabai rawit, bawang putih, garam, daun jeruk dan gula merah. Lalu campurkan bumbu halus dengan air dan rebus. Angkat..
  4. Masukkan petis udang ke dalam air rebusan, masak hingga tercampur rata dan menjadi kental. Koreksi rasa. Angkat..
  5. Sajikan dengan tahu yang telah digoreng..

Maka tunggu apalagi ayo kunjungi beberapa tempat diatas dan rasakan cita rasa dari Tahu petis khas Semarang. Untuk kualitas rasa jangan diragukan lagi karena memang enak dan wajib untuk dicoba. Tahu petis merupakan makanan khas Semarang yang dibuat dari tahu yang digoreng kering dan sambal dari petis udang yang khas. Sambal petis yang disajikan juga dapat disesuaikan rasa pedasnya sesuai permintaan. Yang khas dari makanan ini adalah tentunya rasa dari sambal petis.