Recipe: Perfect Daun Ubi Brambang Asem

Daun Ubi Brambang Asem. Sambal brambang asem ini merupakan salah satu sambal yang berasal dari Solo. Dengan citarasa yang khas dari daun ubi jalarnya, manis pedas sausnya dan legit di lidah. Selain di masak menjadi sambal brambang asem, daun ubi jalar ini juga bisa loh di masak menjadi sayur bening yang segar.

Daun Ubi Brambang Asem Brambang asem atau juga disebut dengan plecing adalah makanan desa yang sangat simpel dan rasanya selalu bikin kangen. Daun ubi jalar rebus yang dicocol dengan sambal berambang asem? Hmm, setiap kali saya teringat dengan menu satu ini maka air liur saya kontan menetes dan pikiran saya langsung melayang ke Paron, kampung halaman, dan almarhum Kakek saya. You can cook Daun Ubi Brambang Asem using 4 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Daun Ubi Brambang Asem

  1. You need 2 genggam of daun ubi.
  2. Prepare 5 siung of bawang merah.
  3. You need 4 buah of cabe keriting.
  4. It’s 2 sdm of air asam jawa.

Makanan ini sangat sederhana namun mampu. Daun ubi jalar rebus disajikan dengan sambal super pedas dan manis, hasil ulekan dari bawang merah, cabai, gula merah, terasi, dan air asam jawa. Setelah halus dan tercampur rata, pindahkan ke dalam wadah Cuci bersih daun ubi jalar, buang tangkainya kemudian rebus dengan air yang diberi sedikit garam. Oya, bahan utama brambang asem adalah lung atau daun ubi jalar yang telah direbus.

Daun Ubi Brambang Asem instructions

  1. Rebus daun ubi selama 7 menit di air mendidih. Angkat, tiriskan.
  2. Bakar bumbu sampai harum, haluskan.
  3. Tambahkan air asam jawa, gula merah, garam.
  4. Tata ubi di piring nasi, beri sambal brambang asem di atasnya. Selamat makaaan?.
Baca Juga  Easiest Way to Make Delicious (24) Tongseng Sapi

Lihat juga resep Kangkung Brambang Asem enak lainnya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi karbohidrat yang tinggi di afrika umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Cara membuat brambang asem: Untuk membuat saus sambal; bakar dalam api kecil terasi dan bawang merah. Menu Brambang Asem merupakan khas dari Jawa tengah, terutama banyak ditemui di Solo maupun Semarang. Cita rasa sambalnya endeus banget dengan penggunaan banyak bawang merah yang berpadu dengan asam jawa.