Recipe: Delicious Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³

Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³. Step by step cara membuat Opor Ayam. #resepoporayam #oporayam #resepmasakanindonesia. Ingin masakan opor ayammu ludes di hari Lebaran Idul Fitri? Ilustrasi opor ayam bumbu kuning khas Lebaran.

Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³ Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. You can have Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³ using 24 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³

  1. You need of ?Bahan.
  2. Prepare 1000 gr of ayam pejantan (sy pakai ayam biasa).
  3. It’s 300 gr of kentang, potong kotak ukuran sedang.
  4. Prepare 1000 ml of santan encer.
  5. Prepare 200 ml of santan kental.
  6. It’s of ?Bumbu Cemplung.
  7. You need 3 lembar of daun salam ukuran besar.
  8. You need 1 batang of sereh (geprek).
  9. Prepare 7 lembar of daun jeruk.
  10. It’s of ?Bumbu halus.
  11. Prepare 2 ruas jari of lengkuas.
  12. It’s 2 ruas jari of jahe.
  13. You need 10 siung of bawang merah.
  14. Prepare 7 siung of bawang putih.
  15. You need 2 butir of kemiri.
  16. Prepare 1 sdt of jinten.
  17. It’s 1 sdt of merica.
  18. It’s 1 sdt of ketumbar.
  19. You need 2 ruas jari of kunyit.
  20. Prepare of ?3 sdm minyak goreng.
  21. You need of ?Seasoning.
  22. It’s 2 sdt of Kaldu jamur/Kaldu bubuk.
  23. It’s 1 sdt of gula pasir (boleh ganti gula jawa).
  24. You need 1 sdt of garam.
Baca Juga  How to Make Delicious Cenil / Gurandil

Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Opor Ayam Kampung Spesial Bumbunya Pas Rasanya Sedap. Resep Opor Ayam Lebaran Opor Ayam Kampung Super Lezat Khas Jawa Timur Kare Ayam Jawa. Jawa Tengah Jawa Barat Jawa Timur Bali Sunda Kalimantan Sumatra Padang Manado Masakan Internasional Betawi Sulawesi.

Opor Ayam Khas Jawa Tengah #442²³ step by step

  1. Cuci bersih ayam. Marinasi dengan jeruk nipis 15 menit. Bilas. Masukkan di air mendidih sekitar 1-2 menit. Angkat dan tiriskan. (Diganti digoreng sebentar juga boleh yaa). Potong-potong kentang. Haluskan bumbu (saya blender halus)..
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sebentar, masukkan bumbu cemplung. Tumis sampai harum..
  3. Masukkan ayam, aduk rata dengan bumbu, dan tumis sampai layu dan bumbu tercampur dan meresap..
  4. Masukkan santan encer. Masak sebentar, masukkan potongan kentang. Aduk rata. Masak sampai empuk. Masukkan seasoning, aduk rata. Tambahkan santan kental. Aduk rata, koreksi rasa. Masak sampai empuk dan matang..

Memasak Opor Ayam khas Cepu menjadi semakin spesial berkat racikan Bango Bumbu Kuliner Nusantara. Yuk, simak cara membuatnya di sini! Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur. Hayo siapa nih yang sudah lama tinggal di jawa tengah, mungkin sebagian mahasiswa dan mahasiswi sudah merasakan nikmatnya tinggal dijawa.