Recipe: Tasty Opor ayam

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

Opor ayam Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk. The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. You can have Opor ayam using 17 ingredients and 3 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Opor ayam

  1. Prepare of Bahan utama :.
  2. You need 250 gr of ayam.
  3. You need 3 buah of tahu potong jadi 2 goreng setengah matang.
  4. Prepare 200 ml of santan kental.
  5. You need 100 ml of santan encer.
  6. It’s of Bumbu halus :.
  7. You need 4 siung of bawang putih.
  8. It’s 3 siung of bawang merah.
  9. You need 2 buah of kemiri.
  10. It’s 1 sendok teh of ketumbar.
  11. It’s Secukupnya of lada bubuk.
  12. Prepare of Bahan empon" :.
  13. Prepare 2 lembar of daun salam.
  14. You need 2 iris of tipis lengkuas digeprek.
  15. You need 1 cm of kunyit ikut diuleg.
  16. It’s 1 buah of daun sere digeprek.
  17. You need Secukupnya of garam,gula pasir dan penyedap rasa.

Resep Opor Ayam – Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Baca Juga  How to Make Perfect Tahu Gejrot

Opor ayam step by step

  1. Bersihkan ayam,taruh dipanci bersama santan encer,bumbu empon" dan bumbu halus yang sudah diuleg..lalu diungkep lebih dulu biar dagingnya agak empuk.
  2. Ungkep kurleb 10menit lalu masukkan tahu bersama santan kentalnya..tambahkan juga gula pasir dan penyedap rasa..cek rasa dulu ya bun..bila dirasa sudah cukup biarkan mendidih kurleb 5 menit..biar santannya tanak matangnya….
  3. Opor siap dihidangkan….

Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.