Easiest Way to Cook Appetizing Opor Ayam

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia.

Opor Ayam Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk. The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. You can cook Opor Ayam using 17 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Opor Ayam

  1. It’s 2 ekor of ayam dipotong jadi 8.
  2. Prepare 2 kotak of santan instan.
  3. It’s 6 batang of serai (geprek).
  4. It’s Sejempol of laos (geprek).
  5. Prepare 10 lembar of daun salam.
  6. It’s of Air untuk rebus ayam.
  7. It’s of Bumbu halus.
  8. Prepare 20 siung of bawang merah.
  9. It’s 10 siung of bawang putih.
  10. Prepare 5 butir of kemiri.
  11. Prepare Sejempol of jahe.
  12. Prepare 1 sdm of ketumbar bubuk.
  13. Prepare 1 sdt of merica bubuk.
  14. You need 1 sdt of kunyit bubuk.
  15. It’s 1 sdt of garam.
  16. You need 1 sdt of gula.
  17. Prepare 2 sdm of minyak goreng.

Resep Opor Ayam – Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Baca Juga  Recipe: Yummy Tumis Daun Ubi Belacan

Opor Ayam step by step

  1. Cuci bersih ayam, sisihkan ati, ampelanya. Rebus selama 20 menit lalu tiriskan agar mengurangi minyak dan amis..
  2. Blender bumbu halus, lalu tumis dengan serai dan daun salam di dalam panci sambil tambahkan sedikit air. Aduk hingga wangi..
  3. Masukkan ayam dan air (bukan air dari rebusan ayam tadi) hingga ayam terendam..
  4. Aduk hingga mendidih lalu tambahkan santan instan. Tes rasa dengan garam dan gula. Bila sudah pas, sajikan dengan nasi dan sambal..

Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.