Recipe: Tasty Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu Bali. Resep Ayam Betutu Khas Bali, Bumbunya Meresap, Empuk, dan Bikin Nagih! Tanpa perlu pergi ke Pulau Dewata, kita bsia membuat Ayam Betetu khas Bali ini. Ayam Betutu Bali, sebuah makanan atau masakan khas Bali populer yang sering dicari wisatawan untuk tujuan wisata kuliner.

Ayam Betutu Bali Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. You can cook Ayam Betutu Bali using 23 ingredients and 9 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Ayam Betutu Bali

  1. Prepare 1 ekor of Ayam Kampung.
  2. Prepare 1 of Jeruk Nipis, ambil airnya.
  3. You need 1 sdt of Garam.
  4. It’s 1 sdt of Minyak Kelapa / minyak goreng biasa.
  5. It’s 4 batang of Serai, memarkan.
  6. You need 2 liter of Air.
  7. You need 2 sdt of Gula Merah.
  8. You need Secukupnya of Garam.
  9. You need of Bumbu Tumbuk Kasar.
  10. It’s 1/2 sdt of Ketumbar.
  11. Prepare 1 sdt of Terasi, bakar.
  12. It’s 4 butir of Kemiri, sangrai.
  13. You need 1/4 sdt of Merica Hitam, tumbuk kasar.
  14. You need 2 cm of Jahe.
  15. Prepare 2 cm of Kunyit, bakar kemudian kupas kulitnya.
  16. Prepare 2 cm of Laos.
  17. It’s 2 cm of Kencur.
  18. You need 10 of Cabe Merah Keriting.
  19. Prepare 6 of Cabe Rawit Merah.
  20. Prepare 6 of Cabe Rawit Hijau.
  21. Prepare 7 siung of Bawang Putih.
  22. Prepare 12 butir of Bawang Merah.
  23. You need 4 lembar of Daun Jeruk Purut.

PREPARE THE AROMATIC SPICE PASTE Place all ingredients for spice paste in a food processor. Warung Enak Bali, rekomendasi ayam betutu di Bali, Image By : Hira Lesmi. Hidangan khas Bali ini menggunakan banyak bumbu rempah, diantaranya adalah lengkuas, kunyit, dan kencur. Resep Ayam Betutu – Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali.

Baca Juga  Resep Sambal ayam geprek Anti Gagal

Ayam Betutu Bali instructions

  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan 15 menit..
  2. Tumbuk kasar bumbu. Saya pake chopper aja. Biasa… Mal*s..
  3. Campur bumbu Tumbuk kasar dengan minyak kelapa atau minyak goreng biasa.. lumuri ke ayam.. masukkan juga bumbu ke dalam perut ayam..
  4. Masukkan ayam berbumbu, serai, gula merah ke dalam wajan atau panci. Tuang 2 liter air atau secukupnya, sampai ayam terendam..
  5. Nyalakan api besar sampai mendidih. Kemudian kecilkan api. Masak dengan api kecil supaya bumbu lebih meresap.. sesekali dibolak-balik supaya matang merata. Semakin tua ayam semakin lama masaknya.. kalo air tinggal sedikit, ayam belum matang, tambah lagi airnya…
  6. Masak sampai matang dan airnya menyusut…
  7. Tadaaa…. Jadi deh. Jangan lupa masak nasi yang banyak.. karena ini bukan menu diet. Hehe.
  8. Hiks.hiks.. nostalgia hamil Salim yg penuh perjuangan…
  9. Wow,, belum pernah ke Bali tapi udah makan makanan orang Bali ya.. hihihi.

Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk. Resep ayam betutu – Bali adalah salah satu wilayah yang berada di Indonesia, dimana sangat populer dengan destinasi wisatanya yang indah dan memang bisa dikatakan pusat pariwisata berada disana. Dari tujuh menu kuliner khas Bali halal diatas hampir semua saya suka, kecuali satu! Jika anda sedang berlibur di Bali dan anda ingin menikmati wisata kuliner ayam betutu Gilimanuk. Selamat datang di Website rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk, menu utama kami adalah Ayam Betutu, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagain masyarakat Bali.