Recipe: Perfect Ayam Betutu

Ayam Betutu. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Betutu merupakan jenis makanan tradisional daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam.

Ayam Betutu Resep Ayam Betutu – Jika berbicara mengenai Ayam Betutu, pasti orang-orang langsung teringat dengan Pulau Bali. Ayam betutu memang berasal dari bali, lebih lengkapnya berasal dari Gilimanuk. Here we are, Balinese Ayam Betutu – Roasted Chicken, Gianyar style. You can have Ayam Betutu using 19 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Ayam Betutu

  1. Prepare 1 ekor of ayam.
  2. Prepare Secukupnya of garam.
  3. Prepare Secukupnya of gula.
  4. You need Secukupnya of kaldu bubuk.
  5. It’s Secukupnya of merica bubuk.
  6. Prepare 1 liter of air.
  7. Prepare of Bumbu:.
  8. You need 100 gr of bawang merah.
  9. It’s 4 siung of bawang putih.
  10. It’s Sejempol of lengkuas.
  11. It’s 1 ruas of jahe.
  12. You need 3 cm of kencur.
  13. You need 1 sdm of ketumbar bubuk.
  14. Prepare 2 cm of kunyit.
  15. It’s of Cabe rawit merah (sesuai selera).
  16. Prepare 8 buah of cabe merah keriting.
  17. You need 2 buah of cabe merah besar.
  18. Prepare 2 butir of kemiri sangrai haluskan.
  19. It’s 1 sachet of terasi ABC.

Betutu is an Indonesian-Balinese dish of steamed or roasted chicken or duck in rich bumbu betutu (betutu spice mix). This highly seasoned and spiced dish is a popular dish in Bali and Lombok, Indonesia. Selain menu andalan kami yaitu ayam betutu dan bebek betutu, yang merupakan ciri dari rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk, kami juga menyediakan aneka masakan lainnya, sperti. Ayam Betutu Bali, sebuah makanan atau masakan khas Bali populer yang sering dicari wisatawan Intinya daging ayam memiliki mutu gizi yang baik bagi tubuh.

Baca Juga  Easiest Way to Make Perfect Kreasi daun singkong: Bola daun ubi santan (geledek)

Ayam Betutu step by step

  1. Cuci bersih ayam, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis. Sisihkan sambil membuat bumbu..
  2. Masukkan semua bumbu dalam choper, lalu haluskan tapi jangan terlalu halus, biarkan agak kasar..
  3. Masukkan ayam dalam panci, tuang bumbu dan air. Lalu bumbui dengan garam, gula, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Masak dengan api kecil hingga air menyusut. Jangan lupa untuk membolak balik ayam agar terbumbui dengan rata..
  4. Jika sudah menyusut angkat dan sajikan dengan sambal matah, plecing kangkung dan nasi hangat.

Ayam Betutu – Makanan khas Bali. Bahasa is a common universal language throughout Indonesia islands, however, each region may have its own dialect too. The Balinese also has its own dialect. Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh dan diisi dengan bumbu, kemudian cara masaknya dengan dipanggang dalam api sekam. Ayam Betutu merupakan salah satu kuliner khas.