Recipe: Tasty Ayam Bakar Areh Klaten

Ayam Bakar Areh Klaten. Seperti namanya, ayam panggang ini berasal dari Klaten (Jawa Tengah). Jepit ayam dengan jepitan bambu atau tusuk dengan bambu, dan olesi badan ayam. Ayam bakar khas Klaten Jawa Tengah ini bukan hanya digemari warga lokal saja, bahkan setiap orang yang pernah mengunjungi Klaten dan mencicipinya pasti suka.

Ayam Bakar Areh Klaten Ayam bakar yang memiliki cita rasa gurih dan manis yang sangat khas, ayam yang diolah dengan cara diungkep menggunakan banyak rempah-rempah Jawa dan juga santan. Langkah" Cara Membuat Ayam Bakar Khas Klaten: Agar Bumbu Meresap, Mula mula Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang di haluskan tadi, daun salam, daun jeruk, dan serai, aduk sampai harum, kemudian tambahkan ayam dan duk sampai berubah warnanya. Mari coba Ayam Bakar Klaten ala Bango, Kawan Kuliner bisa dapatkan resepnya di sini: bit.ly/AyamBakarKlaten Dapatkan beribu resep kuliner Indonesia lainnya. You can cook Ayam Bakar Areh Klaten using 18 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Ayam Bakar Areh Klaten

  1. Prepare of Sepasang paha ayam.
  2. You need 400 ml of santan.
  3. Prepare 1 ruas of lengkuas, geprek.
  4. You need 1 ruas of jahe, geprek.
  5. Prepare 1 batang of serai, geprek.
  6. You need 2 lembar of daun salam.
  7. Prepare 3 lembar of daun jeruk.
  8. You need 3 keping of gula merah, iris.
  9. Prepare Secukupnya of garam, gula pasir dan bubuk kaldu.
  10. It’s of Bumbu Halus :.
  11. It’s 6 siung of bawang putih.
  12. Prepare 3 siung of bawang merah.
  13. You need 3 buah of cabe merah keriting.
  14. Prepare 2 butir of kemiri.
  15. Prepare 2 cm of kunyit.
  16. It’s 1 sdt of ketumbar bubuk.
  17. It’s 1/2 sdt of lada butiran.
  18. It’s 1/4 sdt of jinten.
Baca Juga  Easiest Way to Prepare Delicious Sei Sapi Bumbu Dabu dabu

Ayam Bakar Klaten, resep kejutan untuk akhir pekan yang punya cita rasa unik. Ayam Bakar Klaten, satu resep kejutan untuk akhir pekan yang berbeda daripada resep ayam bakar pada umumnya. Ayam panggang Klaten menjadi kuliner khas yang wajib anda coba ketika berada di Kota Klaten Bersinar ini. Beberapa ayam panggang yang terkenal dan legendaris adalah Ayam panggang di sini dimasak dengan berbagai bumbu areh yang terbuat dari berbagai rempah-rempah jawa dan santan.

Ayam Bakar Areh Klaten step by step

  1. Cuci bersih ayam lalu bakar kedua sisinya di atas teflon hingga kecoklatan..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk masak hingga daun layu..
  3. Tuang santan sedikit-sedikit masak hingga mendidih. Masukkan gula merah, garam, gula pasir dan bubuk kaldu. Koreksi rasa bila sudah pas masukkan ayam yg sudah dibakar (tiap 10 menit balik posisi ayamnya)..
  4. Masak hingga bumbu meresap dan kuah santan mengental (areh), angkat. Bakar kembali ayam hingga kering sambil diolesi sisa bumbu dan kecap manis. Ayam bakar siap dinikmati bersama nasi hangat dan sambal goreng terasi..

Rasanya manis dan aroma bumbu yang khas membuat ayam bakar klaten ini selalu tandas saat dihidangkan di meja makan. Bakar sambil dibolak-balik dan dioles sisa bumbu sampai harum. Yang pertama adalah resep ayam bakar ungkep, ayam bakar jenis ini merupakan ayam bakar yang dibuat dengan proses dimasak atau pengungkepan terlebih Ayam bakar tanpa ungkep ini terbuat dari daging ayam segar yang diberi bumbu rempah dan olesan kecap manis, kemudian langsung. Ayam bakar ini bisa dijadikan menu makan sarapan, makan siang bahkan makan malam. Bahan dari pembuatan ayam bakar ini tergolong mudah hanya dengan menggunakan beberapa bumbu dapur seperti bawang merah, putih, serai, asam, mentega, jahe dan kunyit.

Baca Juga  How to Prepare Tasty Sop Iga Sapi Khas