Recipe: Appetizing Ayam cincane khas kalimantan timur

Ayam cincane khas kalimantan timur. Ayam cincane adalah masakan khas Kalimantan Timur. Hidangan ini sering dijumpai pada acara-acara besar, seperti pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan. Selain itu, masakan ini juga dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan.

Ayam cincane khas kalimantan timur Makanan Khas Kalimantan Timur – Di berbagai wilayah Indonesia, terdapat aneka kuliner yang menggoda selera. Hal itu didukung dari negeri kita yang merupakan panghasil rempah-rempah terbesar di Asia. Ayam cincane dibuat dari ayam kampung yang diberi bumbu rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri, dan lainnya sebelum akhirnya dibakar di bara api hingga matang ataupun digoreng. You can have Ayam cincane khas kalimantan timur using 17 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Ayam cincane khas kalimantan timur

  1. It’s 3 potong of ayam kampung (saya ganti ayam biasa).
  2. It’s 2 lembar of daun salam.
  3. It’s 1 batang of serai (memarkan).
  4. Prepare 100 ml of santan kental.
  5. It’s 250 ml of santan encer.
  6. Prepare 2 sdt of garam.
  7. Prepare 1 keping of gula merah, sisir halus.
  8. You need 1 sdm of air asam jawa (larutkan dalam 100 ml air).
  9. You need of Minyak goreng untuk menumis.
  10. You need of Bumbu halus:.
  11. Prepare 5 siung of bawang merah.
  12. Prepare 3 siung of bawang putih.
  13. Prepare 2 of cabe merah besar.
  14. Prepare 5 of cabe merah keriting.
  15. You need 10 of cabe rawit merah.
  16. You need 2 butir of kemiri (sangrai).
  17. You need 1 ruas of jahe.

Makanan khas Kalimantan Timur yang kedua adalah nasi bekepor. Ayam Cincane adalah kuliner yang berasal dari kota Samarinda. Ayam cincane sendiri adalah ayam kampung yang dilumuri dengan bumbu Sekarang ayam cincane bisa dengan mudah ditemukan di warung makan yang ada di kota Samarinda. Jika kamu ingin mencoba kuliner yang satu ini namun.

Baca Juga  How to Prepare Yummy Sop Iga Sapi

Ayam cincane khas kalimantan timur instructions

  1. Cuci bersih ayam kemudian rendam ayam dengan larutan air asam jawa.
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus, serai dan daun salam hingga wangi.
  3. Masukan ayam. Aduk2 rata. Masak hingga ayam berubah warna.
  4. Kemudian masukan santan kental. aduk sebentar setelah mendidih masukan santan encer. Tambahkan garam dan gula merah. Aduk rata dan koreksi rasa.
  5. Masak hingga bumbu meresap, mengental dan menyusut. Kemudian matikan api.
  6. Siapkan pemanggang atau teflon. Beri sedikit minyak di teflon, Panggang ayam dan olesi dengan sisa bumbu. Jangan lupa di bolak balik biar tidak gosong. Angkat dan sajikan.

Ayam Cincane biasanya menggunakan ayam kampung yang dagingnya lebih lembut. Nah, itulah review dari saya tentang Makanan Khas Kalimantan Timur. semoga kalian mendapatkan referensi kuliner terbaik saat berkunjung ke sana dan jangan lupa untuk selalu berbahagia !! Ayam cincane ini sangat nikmat jika dijadikan lauk yang disantap dengan nasi, maupun dijadikan makanan utama ketika ada acara pesta. Demikian ulasan singkat saya mengenai makanan khas kalimantan timur yang tidak ada duanya ketimbang daerah lain. Mau tahu makanan populer khas Kalimantan Timur?