How to Cook Yummy Ayam Lodho khas Tulungagung

Ayam Lodho khas Tulungagung. Jakarta – Keunikan olahan ayam khas Jatim ini terletak pada kuah santan yang kental. Rasanya gurih enak dengan aksen pedas cabai plus aroma bakar yang wangi. Ayam lodho ini adalah sajian khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari daerah Tulungagung dan Trenggalek.

Ayam Lodho khas Tulungagung Ayam lodho adalah sebuah masakan yang tak hanya enak, namun masakan ini bisa dibilang super lezat serta nikmat. Apalagi, jika ayam lodho dimakan bersama dengan nasi uduk serta urap sayur. Kali ini, kami akan memberikan resep ayam lodho khas Tulungagung, Jawa Timur. You can have Ayam Lodho khas Tulungagung using 19 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Ayam Lodho khas Tulungagung

  1. It’s 1 ekor of ayam kampung.
  2. You need 1 butir of kelapa,ambil 250ml santan kental dan 500ml encer.
  3. Prepare of Haluskan.
  4. Prepare 10 butir of bawang merah.
  5. It’s 10 siung of bawang putih.
  6. You need 3 ruas (5 cm) of jari kunyit.
  7. You need 2 ruas (4 cm) of jari jahe.
  8. It’s 1 ruas (2 cm) of jari kencur.
  9. It’s 2 buah of cabai merah keriting.
  10. Prepare 2 sdt of garam.
  11. It’s of Bumbu kasar.
  12. You need 1 sdm of merica butiran tumbuk kasar.
  13. Prepare 1 sdm of kerumbar tumbuk kasar.
  14. You need 1 sdt of jintan.
  15. You need 20 buah of cabai rawit.
  16. It’s 1 jempol (3 cm) of lengkuas iris kasar/ memarkan.
  17. It’s 3 batang of serai, memarkan.
  18. It’s 3 lembar of daun jeruk purut.
  19. You need 2 lembar of daun salam.

Resep Ayam Lodho – Selamat siang Bu Ibu sudah selesai masak belum? Kalau kemarin saya masak ayam lodho yang merupakan salah satu sajian khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari daerah Tulungagung dan Trenggalek. Ayam lodho merupakan salah satu kuliner khas Tulungagung. Makanan satu ini berupa ayam yang diberi bumbu santan dan biasanya disajikan dengan urap-urap serta nasi gurih.

Baca Juga  How to Cook Tasty Cenil Bihun Nanas

Ayam Lodho khas Tulungagung instructions

  1. Belah ayam dari bagian dada depan ke bawah, lalu bentangkan ayam hingga terbuka lebar. Lumuri garam dan bakar di atas bara api hinggasetengah matang..
  2. Tumis bumbu kasar hingga wangi. Masukkan bumbu halus, aduk hingga wangi dan matang..
  3. Tambahkan santan encer ke dalam tumisan. Didihkan. Masukkan ayam bakar ke dalam wajan, tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk purut. Teruskan memasak dengan api kecil sampai mendidih..
  4. Tambahkan santan kental. Teruskan memasak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi sangat kental (dalam bahasa Jawa disebut: mblondho). Sebaiknya masakan ini disimpan semalam, dan dipanaskan kembali keesokan hari untuk disantap dengan nasi gurih (nasi uduk) dan urap sayur..

Jika kamu ingin menikmati lezatnya ayam lodho, berikut ini rekomendasi tempat makan di Tulungagung. Ada yang bilang masakan ini khas Tulungagung. Intinya , Ayam Lodho adalah ayam kampung bakar/panggang yang di masak lagi dalam santan dengan bumbu mirip kari pedas. Setidaknya, Ayam Lodho pasti akan hadir pada setiap festival kuliner di kota-kota besar Jawa Timur. ResepSimple #AyamLodho #AutoNgiler Ayam adalah bahan masakan yang dapat disulap menjadi berbagai olahan makanan. ayam lodho adalah masakan ayam bakar khas tulungagung jawa timur biasanya masakan ini untuk kenduri dan hari raya.