Recipe: Tasty Gulai Ayam

Gulai Ayam. Gulai merupakan salah satu jenis masakan yang popular di Indonesia dan di Malaysia. Meskipun sudah menyebar ke berbagai daerah, makanan ini disebut-sebut asli berasal dari Sumatra. Resep Gulai Ayam – Gulai merupakan salah satu masakan yang berkuah kental, lezat dan Salah satunya ialah gulai ayam padang dan gulai ayam jawa.

Gulai Ayam Baik untuk menu makanan keluarga, warung ataupun restoran. Gulai ayam adalah salah satu olahan masakan berbahan dasar daging ayam yang banyak diminati masyarakat. Teknik yang digunakan untuk memasak gulai ayam adalah teknik merebus. You can have Gulai Ayam using 30 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Gulai Ayam

  1. Prepare of Ayam.
  2. You need 1 Ekor of Ayam Boiler (Ayam kampung jg bisa).
  3. Prepare 1 Buah of Jeruk Nipis.
  4. You need of Bumbu Halus.
  5. It’s 5 Siung of Bawang Putih.
  6. Prepare 15 Siung of Bawang Merah.
  7. It’s 7 Buah of Cabe Merah Keriting (busa ditambah atau dikurang sesuai selera).
  8. It’s 2 Buah of Cabe Merah Besar (buang biji).
  9. Prepare 1 Sdm of Jinten.
  10. Prepare 3 Buah of Kemiri.
  11. You need 2 Ruas of Lengkuas.
  12. Prepare 2 Ruas jari of Jahe.
  13. You need 2 Ruas Jari of Kunyit.
  14. You need 3-4 Sdm of Minyak untuk menghaluskan.
  15. It’s 1 Sdm of Ketumbar.
  16. You need 1 1/2 Sdm of Merica Bubuk.
  17. Prepare of Bumbu Cemplung.
  18. You need 1 Buah of Sereh (geprek).
  19. Prepare 5 of Daun Jeruk.
  20. Prepare 3 Lembar of Daun Salam.
  21. You need 2 Buah of Bunga Talang.
  22. Prepare 5 Buah of Cengkeh.
  23. You need of Daun Kunyit (bisa di skip).
  24. Prepare of Bumbu.
  25. Prepare 1 Sdm of Garam.
  26. It’s 1 Sdm of Gula Merah.
  27. You need 2 Sdt of Gula Pasir.
  28. It’s 1 Sdm of Air Asam Kandis (bisa diganti asam jawa).
  29. You need 400 ml of Santan kental.
  30. Prepare 1 Liter of Air.
Baca Juga  Easiest Way to Cook Tasty Tongseng daging sapi

Gulai ayam is a chicken-based version of gulai—traditional Indonesian curry-like dish. Lihat juga resep Gulai ayam labu siam enak lainnya. Traditional Indonesian chicken curry in spices and coconut milk. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Gulai Ayam step by step

  1. Potong ayam sesuai selera, bersihkan, kucuri air jeruk nipis, diamkan beberapa saat..
  2. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan daun salam, daun jeruk, dan sereh, tumis sebentar, lalu masukan ayam. Aduk hingga ayam terbalut rata dengan bumbu. Masak hingga ayam setengah matang, lalu masukan air. Aduk hingga rata. Diamkan hingga air sat, dan ayam terserap bumbu. Kira-kira 45menit. Masukan gula merah, dan gula pasir..
  3. Setelah itu masukan air asam, cengkeh, dan bunga talang. Masak sebentar, lalu masukan santan, (agar santan tidak pecah masukan 200ml dulu, aduk rata, lalu 200ml lagi, aduk perlahan). Aduk terus, hingga santan mengental, dan air agak sat, kira-kira 10-15menit..
  4. Tips: masak dengan api kecil saja. Dan aduk ayam perlahan agar ayam tidak hancur. Bila menggunakan ayam kampung, bisa lebih agak lama lagi direbus dengan airnya agar empuk dan meresap sempurna.

Salah satu pilihan favorit saat bersantap masakan Minang adalah. Gulai ayam (Minangkabau and Indonesian for 'gulai chicken') is a traditional Indonesian dish of chicken cooked in a spicy, rich, yellowish, curry-like sauce called gulai. Gulai ayam (Minangkabau and Indonesian for 'gulai chicken') is a traditional Indonesian dish of chicken cooked in a spicy, rich, yellowish, curry-like sauce called gulai. It is originally from West Sumatra (Padang). It can be classified as an Indonesian curry.