Recipe: Tasty Tahu Gejrot Khas Cirebon

Tahu Gejrot Khas Cirebon. Selain dari Cirebon, tahu gejrot juga ada yang khas Bandung. Makanan ringan yang berbahan dasar tahu ini menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai orang Bandung. Hal ini disebabkan karena rasanya yang enak dan gurih mirip dengan ciri khas makanan-makanan yang ada di Bandung.

Tahu Gejrot Khas Cirebon Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas. Tahu gejrot menjadi bertambah unik ketika penyajiannya dengan menggunakan piring kecil dari tembikar, jadi kesan tradisional makin menonjol. Ketiga hal itu memang spesifik banget miliknya tahu gejrot asal Cirebon yang tenar ini. You can have Tahu Gejrot Khas Cirebon using 9 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Tahu Gejrot Khas Cirebon

  1. Prepare 10 of tahu pong / bisa diganti tahu putih cina yg digoreng dulu.
  2. It’s of Bumbu uleg :.
  3. You need 2 siung of bawang putih.
  4. Prepare 6 siung of bawang merah.
  5. You need 4 of cabe rawit merah.
  6. It’s 10 buah of cabe rawit ijo lalap (sesuai selera pedas, boleh tambah).
  7. Prepare 1 batok of gula merah uk.1/2 lingkaran (jk disisir kisar 3 sdm).
  8. Prepare 7 sdm of penuh air asam (boleh ditambah/kurang, sesuai selera).
  9. It’s 1/2 sdt of garam.

Selebihnya, tahu-tahu yang sudah dipotong akan dicampur bersama bumbu yang dihaluskan tersebut dan disiram kuah khas tahu gejrot yang terbuat dari kecap manis dan gula merah ini. Tahu gejrot (Carakan:ꦠꦲꦸ ꦒꦼꦗꦿꦺꦴꦠ꧀) adalah makanan khas Cirebon, Indonesia yang terbuat dari tahu dan bumbu lainnya. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabai, bawang putih, bawang merah, gula. Tahu gejrot adalah jajanan khas Cirebon yang berbahan dasar tahu.

Baca Juga  How to Prepare Tasty Sayur Daun Ubi Santan

Tahu Gejrot Khas Cirebon instructions

  1. Siapkan tahu pong dan bumbu..
  2. Ambil 1 sdm asam. Larutkan dengan 10-12 sdm penuh air hangat. Uleg semua bumbu sambal dan garam dalam keadaan mentah. Tambahkan air asam..
  3. Check rasa terlebih dahulu.Setelah rasa pas, masukan tahu yang sudah dipotong2..
  4. Campur tahu dengan kuah sambil di pijit2 halus dengan uleg'an/sendok supaya bumbu meresap ke tahu. Selesai siap di hidangkan.

Pada dasarnya, pembuatan makanan lezat ini tergolong sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu. Buat kamu anak rantau asli Cirebon yang rindu dengan kuliner ini, jangan risau! Tahu gejrot banyak kita jumpai berjualan entah di halaman depan sekolah atau pun di restoran-restoran Indonesia. Resep makanan ringan khas kota Cirebon ini identik dengan penggunaan tahu kopong yang dibanjur dengan kuah asam manis pedas yang sangat unik dan khas rasanya. Siapa yang tak kenal dengan tahu gejrot?