Recipe: Yummy 13. Rawon Daging Sapi

13. Rawon Daging Sapi. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik. Kita juga mengenal banyak pengaruh asing yang sudah berasimilasi dengan kearifan lokal dan kini menjadi berbagai masakan tradisional. Resep Rawon – Wikipedia Indonesia, rawon adalah masakan khas Jawa timur Indonesia berupa sup daging berkuah hitam yang dibuat dari campuran bumbu khas seperti kluwek.

13. Rawon Daging Sapi Prepare as many of the garnishes as you like. Ada beberapa tips memasak rawon daging sapi yang bisa kamu praktikkan, supaya rawon buatanmu semakin maknyuss. Salah satu cara memilih keluak yang bagus adalah dengan cara mengguncang-guncangkannya. You can have 13. Rawon Daging Sapi using 32 ingredients and 11 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of 13. Rawon Daging Sapi

  1. It’s of Bahan Utama.
  2. You need 1/2 kg of daging sapi (daging rawonan).
  3. You need of Cuci bersih, rebus 15-20 mnit api besar, tiriskan daging dinginkn.
  4. It’s 1 Liter of air untuk merebus (sampai daging tercelup).
  5. Prepare of Kemudian simpan air rebusan daging (kaldu) untuk kuah.
  6. It’s 1 sdm of garam.
  7. Prepare 1 sachet of penyedap rasa sapi.
  8. You need of Bumbu rawon.
  9. Prepare 10 siung of bawang merah.
  10. You need 7 siung of bawang putih.
  11. It’s 2 ruas jari of kunyit.
  12. You need 1 ruas jari of jahe.
  13. Prepare 3 buah of keluwak (yg tdk pahit) keruk daging keluwak, sisihkan.
  14. It’s 4 butir of kemiri.
  15. Prepare 1 sdm of ketumbar.
  16. You need 1/2 sdt of lada/ merica bubuk.
  17. You need 2 ruas of asam jawa.
  18. It’s of e.
  19. You need of Empon-empon.
  20. You need 3 lembar of daun salam.
  21. It’s 1 batang of serei.
  22. You need 10-15 lembar of daun jeruk.
  23. You need of Lengkuas.
  24. Prepare of Bahan Tambahan.
  25. It’s 1 tangkai of Daun bawang, potong2 kurang lebih @1cm.
  26. You need of Bawang goreng.
  27. It’s of Kecambah pendek buat lalap.
  28. Prepare Irisan of Tomat.
  29. You need of Sambel terasi/ sambel tomat.
  30. You need of Nasi.
  31. It’s of Kerupuk udang.
  32. It’s of Telur asin.
Baca Juga  How to Make Appetizing Cethil/Cenil

Jika terasa daging keluak sudah terlepas dari kulitnya, tandanya kualitas keluak baik. Daging sapi adalah salah satu bahan makanan favorit manusia sejak zaman prasejarah. Daging has dalam adalah bagian daging sapi yang bertekstur empuk dan tidak mengandung banyak lemak. Daging has dalam dipotong dari bagian tengah sapi.

13. Rawon Daging Sapi step by step

  1. Siapkan semua alat dan bahan, jangan lupa cuci tangan ?.
  2. Pertama saya akan buat bumbunya terlebih dahulu, rebus keluwak dengan air 1/2 gelas, didihkan dan Goreng kemiri, jahe dan kunyit lalu tiriskan minyaknya, dinginkan. Kemudian blender halus semua bahan kecuali merica dengan menggunakan rebusan keluwak + airnya. Kemudian tuang bumbu cair ke wajan yg td dipakai menggoreng. Bilas blender dengan sedikit air dan masukkan kembali ke wajan ? sayang bumbunya ?. Setelah itu rebus hingga air bumbu menyusut dan bumbu menjadi kental..
  3. Setelah bumbu mengental, masukkan minyak goreng sekitar 5 sdm. Lalu tumis bumbu tadi hingga aroma menyeruak dan minyak menyusut, lalu bagi bumbu menjadi 3 bagian. 2/3 bagian dimasukkan ke kuah dan 1/3 bagian biarkan di wajan untuk mengungkep daging. Sebenarnya bisa aja sih pake bumbu jadi, tapi rasa gapernah boong ? kl bumbu fresh itu lbh nikmat. Saya cocok bumbu jadi merk bamb*o ? krn dy bumbu asli, basah dan siap pake. Tp sy usahakan bikin bumbu sendiri dl selama masih ada waktu ?.
  4. Selanjutnya, saya akan memotong daging. Daging yg td sudah direbus, diiris (sesuai selera) dengan teknik memotong serat. Hal ini dilakukan supaya daging ga nyangkut di gigi ? apalagi kalau giginya bolong atau giginya renggang, g nyaman banget kl daging na nyangkut di gigi..
  5. Well.. next step adalah mengungkep daging. Temen2 saya banyak yg tanya, jenapa sih pake diungkep segala? Direbus aja di kuah gt kan lbh praktis. ? heyyy tayoo… 1.) Supaya bumbu meresap, 2.) Saat qt sajikan di masing2 mangkok, qt g perlu ngobok2 kuah ?, 3.) Kalau qt sering manasin kuah dan daging di ada di dlm kuah, lama2 daging na jd bubur n gabisa dinikmati. 4.) Apalagi kl utk jualan, mending qt ungkep tersendiri utk mempertahankan rasa dan bs qt lihat 1 porsi mw diisi brp potong daging..
  6. Okhay, masukkan daging ke dalam wajan yg berisi 1/3 bagian bumbu td. Tambahkan air sekitar 1,5 – 2 gelas. Tambahkan 1 sdt garam,5 lembar daun jeruk, kemudian aduk2 sampai merata. Ungkep hingga air menyusut, saat air mendidih tes rasa. Lrasa ungkepan daging rawon ini adalah gurih asin. Kalau udh pas aduk2 sesekali dan biarkan hingga air menyusut. Kemudian simpan daging ungkepnya..
  7. Step selanjutnya membuat kuah rawon. Tadi qt punya air kaldu, lalu qt campur dengan 2/3 bumbu yg udh qt buat tadi, tambahkan air lagi kurang lebih 1/2 Liter. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan asam jawa (sy skip krn udh pake tomat buat lalap yak ? udh kerasa seger na). Tambahkan garam, penyedap rasa sapi, dan merica, kmudian didihkan..
  8. Test rasa, rasa yg disajikan adalah gurih. Jangan terlaku asin, krn daging na udh diungkep pake bumbu, trs nanti pake sambel yg udh berasa jg n krupuk jg asin kan yak ?. Kalau dirasa kuahnya kurang kental, boleh ditambahkan bumbu yg saya sebutkan di no.3 yak.. stengah aja biar g berlebihan bumbunya. Atau kl mau semua dimasukkan tambah air dan atur kekentalannya ? Kl udh dirasa pas, masukkan irisan daun bawang dan didihkan sekali lagi..
  9. Susun di mangkok/ piring cekung, isi dengan nasi, daging ungkep, bawang goreng. Lalu siram dengan kuah rawon panas, tabur kecambah mentah yg udh dicuci sblm na lalu tambahkan sambel dan juga irisan tomat biar seger. Kl g suka tomat bisa pake perasan jeruk nipis yak, atau kuahnya td dimasuki asem jawa 2 ruas aja ?. Sajikan bersama kerupuk dan kalau ada telur asin jika ada ? ? maaf yak tomat belum sempat disusun n terfoto ?.
  10. It's so easy kan.. ?.
  11. Lets try and happy cooking ???.
Baca Juga  Recipe: Tasty Gongso Lidah Sapi Slice

Sebagai penggemar daging sapi, saya selalu sedia stok daging di rumah. Di akhir pekan, saya akan olah daging tersebut sesuka hati. Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang nikmat lho, salah satunya yaitu daging sapi lada hitam. Variasi olahan daging yang satu ini banyak disajikan. Biasanya, rawon daging disajikan dengan nasi hangat dan telur asin sebagai pelengkap.