Resep Bumbu Pecel, Bisa Manjain Lidah

Resep Bumbu Pecel, Bisa Manjain Lidah

Bumbu Pecel. Terinspirasi dari jualan bumbu pecel Madiun, kebetulan di rumah ada kacang tanah sisa membuat kacang bawang, aku eksekusi saja menjadi bumbu pecel Serbaguna karena bumbu ini bisa dipakai untuk apa saja, dimana saja dan kapan saja, pokoknya ceria aja, suka" aja mau cocol batagor, siraman sayuran d. Only logged in customers who have purchased this product may leave a review. Itulah dia cara membuat bumbu pecel.

Bumbu Pecel Resep bumbu pecel – Pecel merupakan makanan yang berasal dari Indonesia. Dengan memadukan beberapa jenis sayuran hijau dan lainnya, dan di tambah dengan bumbu kacang dengan gula merah maka sajian khas tersebut memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, sebab seperti yang telah di katakana sebelumnya jika pecel menggunakan aneka sayuran hijau. Bumbu sambal ini sering dijadikan pelengkap untuk pecel sayur, pecel lele, bahkan jadi cocolan tempe goreng.

Sedang mencari ide resep bumbu pecel yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bumbu pecel yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Terinspirasi dari jualan bumbu pecel Madiun, kebetulan di rumah ada kacang tanah sisa membuat kacang bawang, aku eksekusi saja menjadi bumbu pecel Serbaguna karena bumbu ini bisa dipakai untuk apa saja, dimana saja dan kapan saja, pokoknya ceria aja, suka" aja mau cocol batagor, siraman sayuran d. Only logged in customers who have purchased this product may leave a review. Itulah dia cara membuat bumbu pecel.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bumbu pecel, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bumbu pecel yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Baca Juga  Easiest Way to Make Perfect Bening daun ubi rambat

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bumbu pecel yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bumbu Pecel menggunakan 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Bumbu Pecel:

  1. Siapkan 250 gram kacang tanah sangrai, tumbuk halus.
  2. Gunakan 150 gram gula merah aren.
  3. Siapkan 1 sdm peres garam.
  4. Ambil 25 gram asam jawa.
  5. Siapkan 100 gram singkong kukus (untuk pengental, boleh skip).
  6. Ambil Bumbu (digoreng semua).
  7. Siapkan 50 gram bawang putih.
  8. Sediakan 25 gram kencur.
  9. Siapkan 10 lembar daun jeruk purut tua (buang tulang daun, bisa tambah).
  10. Sediakan 2 buah (50 gram) cabai merah besar (bisa tambah cabai rawit).

Memang bumbu pecel instan mudah didapatkan, tapi kalau ingin yang terjamin kebersihannya, lebih baik coba buat sendiri saja. Berikut cara membuat sambal pecel yang mudah untuk dipraktekkan sendiri. Akhirnya buat lagi bumbu pecel khas Madiun , recook dari Mba Ummi Umar. Enak hasilnya dan ga ribet buat nya.

Cara menyiapkan Bumbu Pecel:

  1. Haluskan bumbu goreng dan garam, lanjut tambah singkong kukus, haluskan kembali..
  2. Haluskan gula merah, campurkan bumbu halus, gula merah halus dan kacang tanah halus. Aduk hingga rata. Jika tidak langsung dipergunakan setelah diaduk rata, dipacking dan disimpan di cooler agar kondisinya tetap bagus.
  3. Encerkan jika akan disajikan dengan sayuran rebus/mentah.

Bumbu pecel ini berasal dari daerah Jawa Timur yaitu Madiun. Asal kata dan daerah pecel sendiri belum diketahui secara pasti hingga sekarang, namun dalam bahasa Jawa "pecel" berarti sesuatu yang ditumbuk. Bumbu kacang merupakan salah satu racikan saus yang cukup familiar dalam masakan Nusantara. Bukan hanya pada sayuran, bumbu kacang kerap dijadikan sebagai cocolan untuk daging dan berbagai jajanan. Misalnya untuk satai, siomay, batagor, dan lainnya.

Baca Juga  Recipe: Appetizing Sayur manisa tahu ebi

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bumbu pecel yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!