Resep Bumbu Pecel Enak yang Bisa Manjain Lidah

Resep Bumbu Pecel Enak yang Bisa Manjain Lidah

Bumbu Pecel Enak. Lihat juga resep Bumbu pecel enak lainnya. Akhirnya buat lagi bumbu pecel khas Madiun , recook dari Mba Ummi Umar. Enak hasilnya dan ga ribet buat nya.

Bumbu Pecel Enak Namun juga karena ini tanpa bahan pengawet, jadi hanya tahan sebentar sekitar tiga hari sebelum basi. Pecel ini merupakan kuliner kaki lima yang bisa Anda temui hanya pada pagi hari. Biasanya, pecel ini menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin sarapan ketika menikmati car free day.

Anda sedang mencari inspirasi resep bumbu pecel enak yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bumbu pecel enak yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Bumbu pecel enak lainnya. Akhirnya buat lagi bumbu pecel khas Madiun , recook dari Mba Ummi Umar. Enak hasilnya dan ga ribet buat nya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bumbu pecel enak, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bumbu pecel enak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bumbu pecel enak yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bumbu Pecel Enak memakai 9 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bumbu Pecel Enak:

  1. Gunakan 350 gr Kacang Tanah.
  2. Ambil 5 siung bawang putih, kupas bersih, biarkan utuh.
  3. Sediakan 2 ruas kelingking kencur.
  4. Sediakan 6 sdm gula merah.
  5. Gunakan 4 biji cabe merah besar (buang biji).
  6. Sediakan 1/2 sachet terasi.
  7. Sediakan 8 lbr daun jeruk, buang tulang tengah.
  8. Gunakan 4 sdm air asam jawa.
  9. Gunakan secukupnya Garam dan totole.
Baca Juga  Resep Pecel Santan Terong yang Bisa Manjain Lidah

Aslinya, pecel ini bernama Pecel Ponorogo. Jangan lupa, makan juga gorengan dan kerupuk agar pecel tersebut semakin nikmat. Seperti disinggung di atas, sebenarnya kelezatan pecel terletak pada bagian bumbu sambal kacang yang digunakan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuat pecel, lebih baik ketahui terlebih dahulu resep bumbu pecel yang enak dan sesuai dengan selera.

Cara menyiapkan Bumbu Pecel Enak:

  1. Sangrai kacang sampai matang (mau di goreng juga boleh), setelah dingin, blender sampai spt pasir. Blender tanpa air/minyak ya. Sisihkan dulu..
  2. Goreng : bawang putih, kencur, cabe merah dan terasi sampai layu. Tiriskan.
  3. Blender halus : bumbu goreng + gula merah + air asam + daun jeruk + garam + totole.
  4. Campurkan bumbu halus ke kacang. Koreksi rasa ya moms, kurang asin atau kurang manis lebih baik, soalnya nanti bisa ditambah lagi saat meng-encerkan bumbu pecel..
  5. Aduk rata bumbu pecel. Hasil akhir adalah bumbu yg padat. Bumbu bisa disimpan di kulkas dan bisa tahan seminggu..
  6. Untuk konsumsi : ambil sebagian bumbu, campurkan dg air panas sesukanya, aduk rata, mau lbh cair atau lbh kental. Pada saat ditambah air panas, koreksi rasa lagi..
  7. Selamat mencoba ?.

Bumbu sambal ini sering dijadikan pelengkap untuk pecel sayur, pecel lele, bahkan jadi cocolan tempe goreng. Memang bumbu pecel instan mudah didapatkan, tapi kalau ingin yang terjamin kebersihannya, lebih baik coba buat sendiri saja. Berikut cara membuat sambal pecel yang mudah untuk dipraktekkan sendiri. Bumbu pecel seperti ini memang lebih praktis disimpan dan bisa digunakan untuk beberapa kali memasak. Kalau Anda ingin membuat bumbu pecel sendiri, silakan simak resep berikut ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bumbu Pecel Enak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga  Recipe: Delicious Nugget Ayam Wortel Keju