Easiest Way to Make Perfect Lontong isi sayur sapi

Lontong isi sayur sapi. Kalau di keluarga saya, harus ada lontong juga. Kali ini saya berkreasi dengan SO GOOD. Resep lontong sayur mirip-mirip dengan cara membuat ketupat sayur. yang membedakan hanya lontong dan Lontong dengan kuah Sayur Labu Siam. (Foto: dok. keposiasi.com).

Lontong isi sayur sapi Apakah lontong sayur sama dengan ketupat sayur. Kalau dilihat dari sajian sayurnya bisa dibilang saya, jika ada perbedaan, tentunya hanya pada bahan Ambil mangkok, isi dengan beberapa potong lontong, dan masukkan kuah sayur padang beserta isinya. Resep lontong sayur – Sejak dulu lontong sayur adalah salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. You can have Lontong isi sayur sapi using 19 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Lontong isi sayur sapi

  1. It’s 400 gr of beras.
  2. It’s 1 batang of daun pandan.
  3. Prepare 1 batang of serai.
  4. You need 1/2 sdm of garam.
  5. You need 1.2-1.5 L of air (untuk mengaron beras).
  6. You need of Daun pisang.
  7. You need Tusuk of gigi.
  8. Prepare of Bahan Isian.
  9. It’s 1 buah of wortel ukuran besar.
  10. You need 1 buah of kentang ukuran sedang.
  11. Prepare 1 batang of seledri.
  12. It’s 1 batang of daun bawang (saya,daunnya saja).
  13. Prepare 100 gr of daging sapi (cincang).
  14. You need 1 sdt of peres garam.
  15. It’s 1 sdt of peres gula.
  16. It’s 1/2 sdt of merica.
  17. You need 1/4 sdt of kaldu bubuk.
  18. It’s 1 sdm of minyak goreng.
  19. Prepare 400 ml of air.

Lontong sayur memiliki cita rasa yang khas dan cocok di lidah masyarakat Indonesia. Anda bisa menemukan lontong sayur dengan cara yang mudah karena banyak sekali penjualnya. Resep Lontong Sayur – Saat ini lontong sayur merupakan makanan yang sudah banyak di gemari oleh banyak orang. Bahkan, makanan yang satu ini dapat dengan mudah, ditemukan di berbagai kota.

Baca Juga  Recipe: Appetizing Gulai daun ubi

Lontong isi sayur sapi instructions

  1. Potong dadu kecil wortel dan kentang. Chop daging sapi. Iris halus seledri dan daun bawang.
  2. Tumis daging terlebih dahulu,hingga kecoklatan. Kemudian masukan kentang dan wortel. Tumis sebentar,kemudian masukan air sedikit demi sedikit. Setelah kentang- wortel empuk dan air susut,masukan bumbu,seledri dan daun bawang. Cek rasa sebelum diangkat. Aduk-aduk sebentar,agar seledri dan daun bawang matang..
  3. Cuci beras. Kemudian rendam sebentar dengan air (selama membuat isian)..
  4. Siapkan wajan besar (boleh katel atau citel),masukan beras yg sudah direndam dan daun pandan beserta serai yang sudah di geprek. Untuk mengaroni beras, air boleh di tambah jika air sudah susut tapi beras belum mengembang. Harus terus diaduk ya,biar gak berkerak ? Setelah beras mengembang,matikan kompor dan istirahatkan selama kurleb 20 menit. Kemudian tumbuk nasi aron dengan sutil agar tak terlalu berbulir (agak hancur). Setelah nasi aron dingin baru boleh di bungkus ya..
  5. Setelah nasi aron dingin. Ambil 2 sdm nasi aron keatas daun, lebarkan. Taruh 2 sdt isian kemudian tutup dengan nasi aron,bentuk lonjong dan semat dengan tusuk gigi..
  6. Kukus lontong dengan posisi berdiri selama 30 menit (sampai matang) dengan api sedang..

Rasa lontong sayur yang dimilii masing-masing kota juga berbeda, dan memiliki ciri khasnya sendiri. Jangan lupa untuk menambahkan kecap manis, garam, gula, merica sebagai bumbu penyedap tambahan. Lihat juga resep "AREM-AREM PEDAS" (Lontong Isi) enak lainnya. Lontong is a dish made with compressed rice cake and cooked in banana leaf. Try this recipe for Lontong Sayur Lodeh where the rice cakes are cooked with vegetables in a coconut milk-based soup.