Recipe: Yummy Kikil Sapi Surabaya

Kikil Sapi Surabaya. Di Surabaya, kikil atau kulit kaki sapi diolah menjadi beragam kuliner yang lezat. Tipikal sop kikil di Surabaya khususnya Kikil Sapi Kutai Jaya adalah kuah kuningnya yang menggoda. Kikil Sapi Kutai Jaya [image source ].

Kikil Sapi Surabaya Pernah melihat manula yang giginya sudah ompong makan Lontong Bagi sebagian masyarakat Surabaya, lontong kikil -masakan yang menggunakan bahan kaki sapi. Hari ini kikil SAPI kutai jaya buka seperti biasa. Lontong kikil Surabaya punya kuah gurih yang nikmat, disajikan dengan potongan lontong dan Tak perlu khawatir kesusahan mengempukkan kikil sapi, asal direbus cukup lama dengan air kapur sirih. You can cook Kikil Sapi Surabaya using 21 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Kikil Sapi Surabaya

  1. Prepare 1/2 kg of kikil sapi.
  2. Prepare 5 lembar of daun jeruk.
  3. It’s 2 batang of sereh (putihnya).
  4. You need 1 sdm of air kapur sirih.
  5. It’s of Bumbu halus.
  6. Prepare 2 buah of cabe merah.
  7. You need 8 siung of bawang merah.
  8. Prepare 5 siung of bawang putih.
  9. It’s 1 butir of kemiri (sangrai).
  10. It’s 1/2 ruas of jahe.
  11. You need 1 ruas of kunyit.
  12. It’s 1 sdm of garam (sesuai selera).
  13. You need 1 sdm of gula.
  14. Prepare 1 sdt of kaldu bubuk.
  15. It’s of Bahan pendamping.
  16. You need of Lontong.
  17. You need of Daun bawang (iris).
  18. Prepare of Sambel.
  19. You need of Jeruk nipis.
  20. You need of Bawang goreng.
  21. It’s of Kerupuk.

Resep Kikil Sapi Sepanjang – Khas Surabaya Asli. Kikil Surabaya gampang dibuat di Indonesia, bagaimana di Belanda? Mencoba Kikil Sapi Waru Jaya, Kuliner Kikil Sapi yang Nikmat dan Legendaris. COM – Kuliner satu ini sudah tidak asing lagi.

Baca Juga  Recipe: Tasty Daun Ubi Tumbuk

Kikil Sapi Surabaya step by step

  1. Rendam kikil dengan air kapur sirih selama 2 jam lalu cuci bersih dan tiriskan. Rebus kikil dengan 1 batang sereh dan 3 lembar daun jeruk, rebus hingga setenggah matang lalu angkat dan potong kotak-kotak / sesuai selera..
  2. Cabe merah dan duo bawang goreng setenggah matang lalu haluskan bersama bumbu halus lainnya kemudian tumis hingga harum. Jangan lupa masukan sisa sereh dan daun jeruk..
  3. Setelah kikil di potong-potong lalu masukan kembali ke air rebusan bersama bumbunya, masak hingga kikil lunak. Koreksi rasa. Setelah matang taburi daun bawang..
  4. Sajikan bersama lontong, tambah daun bawang + bawang goreng.

Selain kolagen, kikil sapi juga mengandung selenium, yaitu sejenis mineral yang sangat penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh yang disebut glutathione peroksidase. Kalau ke Surabaya kalian akan menemukan bakso yang spesial. Kombinasi bakso dengan potongan kikil sapi yang diguyur kuah kaldu. Komposisi ini jadi primadona karena bisa goyang lidah. Kikil sapi bisa diolah menjadi aneka sajian yang nikmat untuk menu makan.