How to Cook Appetizing Sroto Sokaraja (versi ayam)

Sroto Sokaraja (versi ayam). Sroto Sokaraja (Hanacaraka:ꦱꦿꦺꦴꦠꦺꦴ ꦱꦺꦴꦏꦫꦗ) adalah soto khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Adanya campuran bumbu sambal kacang dan ketupat merupakan ciri khas soto ini. Cara Membuat Soto Sokaraja Asli, Khas Banyumasan.

Sroto Sokaraja (versi ayam) Yang membuat soto ini berbeda dari lainnya adalah disajikan dengan sambal kacang dan ketupat. Seperti umumnya soto, sroto sokaraja menggunakan daging ayam dan sapi sebagai isiannya. Potongan daging dicampur dengan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, dan merica bubuk. You can have Sroto Sokaraja (versi ayam) using 23 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Sroto Sokaraja (versi ayam)

  1. Prepare 1/2 kg of ayam bagian dada.
  2. Prepare of Bumbu halus;.
  3. It’s 5 siung of bawang putih.
  4. Prepare 2 cm of kunyit dibakar.
  5. You need 5 butir of kemiri.
  6. Prepare 2 lembar of daun salam.
  7. Prepare 1 btg of serai digeprek.
  8. It’s 3 cm of lengkuas digeprek.
  9. You need 2 L of air untuk kaldu.
  10. Prepare Secukupnya of garam,gula,lada bubuk dan kaldu bubuk.
  11. You need of Bumbu kacang:.
  12. Prepare 250 gr of kacang tanah digoreng.
  13. It’s 3 siung of bawang putih goreng sebentar.
  14. You need 2 keping of gula jawa sisir halus.
  15. It’s Secukupnya of garam.
  16. Prepare of Bahan sambal:.
  17. You need of Cabe merah kriting direbus lalu dihaluskan dan diberi kuah sroto.
  18. Prepare of Pelengkap;.
  19. It’s of Ketupat.
  20. It’s of Mi Soun.
  21. Prepare of Toge pendek.
  22. Prepare of Kerupuk aci.
  23. You need of Daun bawang.

Kunyit membuat kuah sroto berwarna kekuningan. Soto versi Banyumas ini bergabung dengan rekan sebangsanya, yaitu soto betawi, soto madura Si kacang inilah yang menjadikan sang sroto berkuah bening itu terasa gurih dan segar. Ada pilihan daging ayam, daging sapi, atau campuran keduanya. Sroto sokaraja bkn begitu.soon sama kecambah ijo di pisah.cntoh taruh soun dl di mngkok.trs kecambh ijo.kupat.daging or ayam daun bawang krupuk sdikit kecap.trs guyur tuch sroto sama kuah nya.sambl nya sambl kacang.

Baca Juga  Easiest Way to Prepare Delicious Cenil

Sroto Sokaraja (versi ayam) instructions

  1. Rebus ayam dalam air untuk mendapatkan kaldunya. Sementara itu haluskan bahan bumbu halus, lalu tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai smp harum.
  2. Masukkan ke dalam kaldu yg sudah mendidih. Tambahkan garam,lada bubuk,gula dan kaldu bubuk. Ambil ayam. Lalu goreng sebentar.
  3. Pelengkap; rebus toge sampai matang lalu tiriskan. Rebus mi soun smp matang lalu tiriskan.
  4. Bumbu kacang; goreng kacang smp matang. Haluskan kacang,bawang putih dan gula jawa smp tercampur rata. Beri garam dan aduk sampai rata.
  5. Tata ketupat di dasar mangkuk lalu soun dan toge. Beri suwiran ayam. Taburi daun bawang dan bawang goreng. Lalu siram dengan kuah kaldu. Jangan lupa taburi juga bumbu kacang. Sroto siap disantap dengan sambal dan kerupuk. Tambah kecap manis lebih nikmat. Selamat mencoba.

Sroto Sokaraja adalah soto khas Sokaraja, Banyumas (PURWOKERTO), Jawa Tengah. Adanya campuran bumbu sambal kacang dan ketupat. Sroto Sokaraja ini bukan saja kuliner andalan warga Banyumas dan sekitarnya. Santapan ini juga menjadi salah satu makanan tradisional yang terkenal di Indonesia. Silakan menyiapkan bahan-bahan seperti lima sendok makan (sdm) minyak sayur.