Recipe: Delicious Cenil/ gurandil

Recipe: Delicious Cenil/ gurandil

Cenil/ gurandil. Kali ini saya membuat cenil, atau kalo orang sunda biasa menyebut nya gurandil. SATE GURANDIL, Jajajnan Kadoel Dari Kuningan Yang Ngangenin Lihat juga resep Cenil / Gurandil enak lainnya.

Cenil/ gurandil Kali ini saya membuat cenil, atau kalo orang sunda biasa menyebut nya gurandil. Resep Cenil umumnya disajikan dengan taburan kelapa parut kukus dan dibungkus dengan daun pisang. Nah, bagaimana kalau sekarang kita coba membuat cenil sendiri? You can have Cenil/ gurandil using 7 ingredients and 7 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Cenil/ gurandil

  1. You need 250 gr of tepung tapioka.
  2. It’s 50 gr of tepung terigu.
  3. You need 600 ml of air.
  4. Prepare Sejumput of garam.
  5. Prepare 1/2 butir of kelapa parut (muda).
  6. It’s Secukupnya of gula pasir.
  7. Prepare of Minyak untuk oles.

Cenil is a tiny experimental OS (Operating System) for learning purpose. #gurandil Watch short videos about #gurandil on TikTok. SATE GURANDIL, Jajajnan Kadoel Dari Kuningan Yang Ngangenin Gurandil dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang diberi pewarna.

Cenil/ gurandil step by step

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu..
  2. Campur tepung tapioka, tepung terigu garam dab air. Aduk sampai rata dan tidak bergerindil..
  3. Setelah itu bagi adonan menjadi 2. Beri pewarna makanan menurut selera aja ya..
  4. Siapkan wadah tahan panas. Olesi dengan minyak goreng dan alasi dengan plastik. Setelah itu tuang adonan..
  5. Kukus selama 25menit. (Saya pake 2 kukusan karena kecil ukuran dandangnya).
  6. Matikan api setelah matang. Tunggu sampai dingin. Baru dipotong potong sesuai selera(pakai gunting yg dioles minyak klau saya biar cepet) gunting nya yg bersih y bu.hehe, Gulingkan di parutan kelapa..
  7. Tabur dengan gula pasir. Siap dihidangkan…
Baca Juga  Recipe: Perfect Cheesy Beef Burger

Gurandil ini mirip dengan kue tradisional cenil. Gurandil dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang diberi pewarna. Belum lagi makanan khas Indonesia lainnya yang bernama cenil, gurandil, cireng ( ini singkatan dari aCI digoRENG ), cimol ( aci digemol ), cilok ( aci dicolok ), batagor ( baso tahu goreng ), basreng. MEMBUAT CENIL PALING MUDAH DAN ENAK – Resep Klanting Jajan Pasar Khas Jawa timur. Resep dan cara membuat cenil jajan pasar. gurandil is a member of Vimeo, the home for high quality videos and the people who love them.