How to Make Delicious Cenil / Gurandil

Cenil / Gurandil. Kali ini saya membuat cenil, atau kalo orang sunda biasa menyebut nya gurandil. Lihat juga resep Cenil / Gurandil enak lainnya. SATE GURANDIL, Jajajnan Kadoel Dari Kuningan Yang Ngangenin

Cenil / Gurandil SATE GURANDIL, Jajajnan Kadoel Dari Kuningan Yang Ngangenin Resep Cenil umumnya disajikan dengan taburan kelapa parut kukus dan dibungkus dengan daun pisang. Nah, bagaimana kalau sekarang kita coba membuat cenil sendiri? You can cook Cenil / Gurandil using 8 ingredients and 8 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Cenil / Gurandil

  1. You need 200 g of tepung kanji / tapioka.
  2. Prepare 100 gr of tepung terigu.
  3. It’s 250 ml of air.
  4. You need 1/2 sdt of garam.
  5. Prepare 2-3 tetes of pewarna sesuai selera.
  6. It’s of Bahan taburan.
  7. Prepare 1/2 butir of kelapa parut + ¼ garam.
  8. It’s of Gula pasir.

Belum lagi makanan khas Indonesia lainnya yang bernama cenil, gurandil, cireng ( ini singkatan dari aCI digoRENG ), cimol ( aci digemol ), cilok ( aci dicolok ), batagor ( baso tahu goreng ), basreng. SATE GURANDIL, Jajajnan Kadoel Dari Kuningan Yang Ngangenin Kali ini saya membuat cenil, atau kalo orang sunda biasa menyebut nya gurandil. Watch short videos about #gurandil on TikTok.

Cenil / Gurandil instructions

  1. Siapkan bahan.
  2. Parut kelapa, lalu taburkan ¼ garam lalu kukus sekitar 15-20 menit. Selesai angkat tiriskan.
  3. Siapkan panci dan air masak sampai mendidih, tuang sedikit garam..
  4. Siapkan wadah yg sudah berisi tapioka + terigu yg sudah di campur, tuang air panas tadi sedikit sedikit, aduk menggunakan sendok / centong kayu. Aduk merata.
  5. Bagi tiga adonan sesuai selera ya mau pakai berapa warna, disini saya pake 3 warna.
  6. Lalu cetak, bebas mau di pipihkan atau di bulat², saya di pipihkan lalu buat kotak seperti ini.
  7. Setelah selesai siapkan panci yg sudah berisi air, tunggu sampai mendidih, masukan adonan cenil yg sudah di cetak, tunggu sampai matang, tanda nya mengapung. Angkat lalu tiriskan.
  8. Masukan cenil kedalam wadah berisi parutan kelapa, tata dalam wadah, taburkan gula pasir sesuai selera saat di sajikan, selesai. Selamat menikmati.
Baca Juga  Cara Gampang Membuat Pempek Dos, Bisa Manjain Lidah

Cenil is a tiny experimental OS (Operating System) for learning purpose. Photo "Cenil with grated coconut and sugar. Cenil is traditional cake from Java, Indonesia. Made from starch." can be used for personal and commercial purposes according to the conditions of the. Gurandil dibuat dengan bahan dasar tepung tapioka yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang diberi pewarna.