Easiest Way to Make Tasty Ayam Bumbu Rujak

Ayam Bumbu Rujak. Resep Ayam Bumbu Rujak – Kini, sudah banyak variasi makanan yang diolah dari ayam, salah satunya adalah ayam bumbu rujak. Masakan Ayam Bumbu Rujak ini Sungguh Mantul ! Resep Ayam Bumbu Rujak Super Enak dan Praktis.

Ayam Bumbu Rujak Called seasoning rujak because there are many spices besides chili. Resep Ayam Bumbu Rujak – Ayam memang selalu cocok diolah menjadi berbagai macam masakan. Bahkan menu-menu makanan khas di masing-masing daerah di Nusantara pun banyak yang. You can cook Ayam Bumbu Rujak using 18 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Ayam Bumbu Rujak

  1. It’s 1/2 ekor of ayam bagian paha bagi 4 potong.
  2. Prepare 1/2 buah of jeruk lemon.
  3. You need of Bumbu yang dihaluskan.
  4. It’s 8 buah of cabe merah keriting.
  5. You need 3 buah of cabe rawit merah.
  6. It’s 3 siung of bawang merah.
  7. You need 1/2 sdt of terasi.
  8. Prepare 1 buah of tomat ukuran kecil.
  9. You need of Bahan Lain :.
  10. Prepare 2 lembar of daun salam.
  11. You need 2 lembar of daun jeruk.
  12. You need 2 sdm of santan kental (tambahan dari saya).
  13. It’s 150 ml of air.
  14. It’s 1/2 sdt of asam jawa.
  15. It’s 1 sdm of gula merah sisir.
  16. You need Secukupnya of gula pasir.
  17. It’s Secukupnya of garam.
  18. It’s 1 sdm of kecap manis.

Uniknya meskipun namanya ayam bumbu rujak, tapi disini Kamu tidak akan menemui bumbu kacang khas rujak. Penasaran dengan rasa ayam bumbu rujak? Tak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur. Resep ayam bumbu rujak – Ayam adalah salah satu menu favorit semua orang, dan sekarang sudah ada berbagai Salah satu makanan olahan ayam yang unik dan digemari adalah ayam bumbu rujak.

Baca Juga  How to Cook Tasty Daun ubi tumbuk anti ribet

Ayam Bumbu Rujak step by step

  1. Siapka ayam, beri perasan air jeruk lemon, aduk rata lalu diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih. Siapkan bumbu halus, haluskan kemudian tumis bumbunya..
  2. Lalu masukkan daun salam, daun jeruk, garam, gula merah, gula pasir dan asem jawa, aduk rata lalu masukkan potongan ayam, tambahkan air dan santan kental, aduk rata..
  3. Lalu tutup wajannya, masak kira-kira selama 30 menit, sesekali diaduk-aduk, jika ir sudah mulai menyusut, lalu masukkan kecap manis..
  4. Aduk rata, masak hingga airnya menyusut, matikan api, diamkan hingg dingin, jika tidak langsung dibakar, taruh ayam beserta bumbunya kedalam wadah tertutup, jika akan dibakar, panaskan panggangan lalu bakar ayam sambil dilumuri sisa bumbunya..
  5. Bakar hingga ayam kecoklatan. Angkat sajikan ayam bakar bumbu rujak dengan sambal lagi jika kurang pedan dan juga aneka lalalpan sesuai selera..

Ini bukan ayam dengan sambal rujak buah, loh. Disebut bumbu rujak karena terdapat banyak rempah selain cabai, termasuk gula merah yang biasa digunakan dalam sambal rujak buah. Ayam bumbu rujak, satu olahan ayam tradisional nan menggiurkan yang begitu disukai orang Indonesia karena kejutan rasanya. Bumbu-bumbunya berpadu dengan serasi dan meninggalkan. Hidangan ayam panggang bumbu rujak adalah sajian yang lezat.