Bagaimana Menyiapkan Nasi Pecel Sambal Tumpang, Lezat

Bagaimana Menyiapkan Nasi Pecel Sambal Tumpang, Lezat

Nasi Pecel Sambal Tumpang. Masakan Tradisional Indonesia Nasi pecel sangat khas di wilayah Jawa Timur bagian selatan. Di kota Kediri, yang dikenal dengan nama nasi pecel tumpang dan menjadi makanan khas saat wisatawan berkunjung atau saat seseorang pulang ke kampung halamannya. Nasi pecel sambal tumpang (Foto: Ist) PECEL cenderung memiliki rasa yang khas.

Nasi Pecel Sambal Tumpang Sesuai dengan namanya, olahan nasi pecel memang menjadi menu andalan di warung makan ini. Cita rasa yang disuguhkan pun terbilang unik, bahkan mungkin belum pernah Anda cicipi sebelumnya. TV – Benoe tiba di Madiun malam hari terasa lapar menuntun saya untuk makan nasi pecel.

Sedang mencari inspirasi resep nasi pecel sambal tumpang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi pecel sambal tumpang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Masakan Tradisional Indonesia Nasi pecel sangat khas di wilayah Jawa Timur bagian selatan. Di kota Kediri, yang dikenal dengan nama nasi pecel tumpang dan menjadi makanan khas saat wisatawan berkunjung atau saat seseorang pulang ke kampung halamannya. Nasi pecel sambal tumpang (Foto: Ist) PECEL cenderung memiliki rasa yang khas.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi pecel sambal tumpang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi pecel sambal tumpang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi pecel sambal tumpang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Pecel Sambal Tumpang memakai 7 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baca Juga  Recipe: Yummy Pepes Tahu Rice Cooker (Tanpa Daun Pisang)

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Pecel Sambal Tumpang:

  1. Siapkan 1 piring nasi.
  2. Sediakan 1 mangkok Sambal Tumpang (lihat resep).
  3. Ambil 1/4 ikat kacang panjang.
  4. Ambil 1/3 bagian sawi putih.
  5. Siapkan sdikit daun singkong.
  6. Siapkan 1 wadah peyek kacang (lihat resep).
  7. Ambil secukupnya bawang goreng.

Kali ini Benoe akan coba varian nasi pecel dengan sambal tumpang. Konon sekarang sambal tumpang ini sudah langka tapi Benoe menemukan satu kedai yang menjajakannya di Jalan Setiabudi Madiun. Nasi Pecel Tumpang ini terdiri dari nasi putih hangat yang atasnya ditaburi oleh sayur-sayuran seperti, daun papaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, papaya muda dan kacang panjang.anek sayuran tersebut kemudian dibanjur dengan sambal tumpang yang terbuat dari tempe biasa yang ditumbuk kasar dan tempe asam yang kemudian dibumbui. Daripada susah nyari yang cocok akhirnya buat sendiri aja, meskipun sambal kacangnya beli yang udah jadi, tapi ini sambal kacangnya buatan dari Jawa Timur jadi.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Pecel Sambal Tumpang:

  1. Rebus semua sayuran, siapkan peyek kacang dan sambal tumpang. ambil nasi terok dalam piring..
  2. Kemudian tata sayuran d atas piring siram dengan bumbu sambal tumpang lalu beri taburan bawang goreng dan terakhir beri peyek kacang di atasnya..
  3. Menu siap d hidangkan.

Tumpang, sambal tumpang, atau bumbu tumpang adalah bumbu yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bumbu ini terbuat dari tempe bosok yang dicampur dengan cabai, bawang merah,bawang putih,kunyit,daun jeruk, dan garam. Tumpang disajikan bersama nasi dengan aneka sayur rebus, biasanya dilengkapi rempeyek. Kemudian juga dengan aneka lauk dari ayam, ikan, bakwan sampai dengan perkedel lengkap tersedia. Selain itu juga tersedia pula es jenang dawet yang tak kalah lezat disantap pada saat siang hari.

Baca Juga  Recipe: Yummy Empon - Empon

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi pecel sambal tumpang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!