Resep Pecel lele sambal terasi yang Lezat Sekali

Resep Pecel lele sambal terasi yang Lezat Sekali

Pecel lele sambal terasi. Pecel lele disajikan bersama sambal terasi yang bikin menggugah selera. Biasanya juga disajikan bersama tahu dan tempe. Untuk pelengkapnya, ada daun kemangi dan irisan mentimun sebagai lalapan.

Pecel lele sambal terasi Pecel Lele is a special dish which originated from Lamongan, a municipal city in East Java Province where the famous "Soto Lamongan" comes from. Pecel Lele is a side dish which comprises of Crispy Fried Catfish, serve together with spicy sambal and raw vegetables/salad. Pecel lele is not served in peanut sauce, but in sambal terasi (ground chili with shrimp paste sauce) instead.

Sedang mencari inspirasi resep pecel lele sambal terasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel lele sambal terasi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pecel lele sambal terasi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan pecel lele sambal terasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Pecel lele disajikan bersama sambal terasi yang bikin menggugah selera. Biasanya juga disajikan bersama tahu dan tempe. Untuk pelengkapnya, ada daun kemangi dan irisan mentimun sebagai lalapan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan pecel lele sambal terasi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel lele sambal terasi memakai 27 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Baca Juga  Recipe: Perfect Ayam Rarang | Recook Dapur Ade

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pecel lele sambal terasi:

  1. Gunakan Lele 1 kg (8 ekor lele).
  2. Siapkan 1 buah Tempe.
  3. Siapkan Bahan rendaman lele 1 :.
  4. Gunakan 1 sendok teh garam.
  5. Sediakan 1 buah jeruk nipis.
  6. Ambil Bahan rendaman lele 2 :.
  7. Siapkan 1 ruas jahe.
  8. Sediakan 3 buah bawang putih.
  9. Siapkan 2 buah bawang merah.
  10. Sediakan 1 sendok teh kunyit bubuk.
  11. Gunakan 1 sendoh teh ketumbar bubuk.
  12. Sediakan Sedikit garam dan kaldu tolole kaldu jamur.
  13. Ambil 3-4 sendok air.
  14. Ambil Rendaman tempe :.
  15. Gunakan 1 sendok teh garam dan totole kaldu jamur.
  16. Ambil 1/2 gelas air.
  17. Ambil Sedikit ketumbar.
  18. Ambil Sambel terasi :.
  19. Sediakan 1 buah terasi abc.
  20. Sediakan 3 buah bawang merah.
  21. Ambil 3 buah bawang putih.
  22. Siapkan 1/4 cabe merah.
  23. Sediakan 1/4 cabe rawit.
  24. Gunakan 1/2 jeruk nipis.
  25. Siapkan 1 buah tomat.
  26. Siapkan Sedikit garam,gula merah/gula halus dan kaldu jamur.
  27. Ambil 1 ikat Kemangi.

However, some recipes might add a little bit of ground peanuts into their sambals. However, some recipes might add a little bit of ground peanuts into their sambals. Sambal terasi ini rasanya hampir mirip dengan sambal nya si pecel lele hanya saja kali ini saya pakai tomat besar bukan tomat kecil sehingga ada sedikit kehilangan rasa asam namun rasanya tetap nampol, pedes manis gurih dan harum. Dimakan sama tempe goreng saja sudah nikmat.

Cara membuat Pecel lele sambal terasi:

  1. Lele : cuci bersih lele. Lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit..
  2. Lele : cuci bersih kembali lele. Lalu blender semua bahan rendaman 2. Lumuri semua sisi lele dan diamkan 15 menit..
  3. Lele : langsung bisa digoreng sampai garing dengan minyak agak banyak dan panas. Atau bisa juga dilumuri lagi dengan tepung terigu dan sedikit bumbu totole kaldu jamur goreng hingga matang kecoklatan..
  4. Tempe : tempe diiris sesuai selera, lalu direndam selama 5 nenit. Goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan..
  5. Sambel terasi : semua bahan di masak dengan minyak panas sampai agak layu (kecuali jeruk nipis). Ulek sampai agak halus, lalu beri perasan jeruk nipis. Sajikan dengan daun kemangi..
Baca Juga  How to Make Appetizing Cenil Dwi Warna

Bahan dan cara memasak pecel lele cukup sederhana, tapi rasanya selalu bikin ketagihan. Pecel lele disajikan bersama sambal terasi yang bikin menggugah selera. Biasanya juga disajikan bersama tahu dan tempe. Untuk pelengkapnya, ada daun kemangi dan irisan mentimun sebagai lalapan. Sajian ini dibuat dengan komposisi bumbu sambal yang pas yang akan membuat selera makan anda semakin meningkat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pecel lele sambal terasi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!