How to Cook Perfect CENIL (Jajanan Pasar Waru)

CENIL (Jajanan Pasar Waru). Assalamualaikum teman teman hari ini aq bikin resep cenil yg mudah dan enak. Seruni.id – Jajanan pasar merupakan penganan yang bisa dibeli dari pasar tradisional. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga gurih.

CENIL (Jajanan Pasar Waru) Bikang > buat sendiri karenan kepengen darurat, bentuknya aneh tapi rasa tetep. Jajanan pasar ini, sering sekali ditemui di pasar tradisional dengan alas daun pisang. Dengan beragam jenis dan bentuk, jajanan pasar ini Warna-warni jajanan pasar ini tentu akan menarik perhatian siapa saja yang memandangnya. You can cook CENIL (Jajanan Pasar Waru) using 8 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of CENIL (Jajanan Pasar Waru)

  1. Prepare 100 gr of Tepung Tapioka.
  2. Prepare 50 gr of Tepung Terigu.
  3. It’s Sejumput of garam.
  4. You need 2 sdm of gula.
  5. You need secukupnya of Parutan kelapa,.
  6. Prepare of Pewarna makanan.
  7. Prepare 100 ml of air panas.
  8. You need 1 blok of gula merah.

Jajanan yang dicap sebagai simbol sebuah kuliner. Biasanya hanya ditemui di pasar-pasar tradisional. Maka dari itu, kuliner tersebut sering disebut jajanan pasar. Beberapa resep jajanan pasar yang mensajikan makanan atau kue yang enak, juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

CENIL (Jajanan Pasar Waru) instructions

  1. Siapkan semua bahan bahan keringnya, kemudian beri air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa di bentuk (airnya ga sampai habis kepake).
  2. Bagi adonan jadi 2 dan beri warna sesuai selera, aku pakai warna merah dan hijau.
  3. Bentuk sesuai selera dan Rebus hingga matang, ditandai dengan cenil yang mengambang. Kemudian tiriskan.
  4. Siapkan parutan kelapa yang sudah di kukus dengan sedikit garam dan gula, kemudian gulingkan cenil ke dalam parutan kelapa.
  5. Rebus gulamerah dgn air secukupnya sampai mengental dan setelah cenil disusun siramkan gula merah di atasnya.
Baca Juga  Resep Sambal pecel enak dan tahan lama yang Sempurna

Dalam makanan tradisional atau jajanan pasar ini, proses pengawetan, pewarnaan, maupun penyedap rasa lebih ditekankan dengan memakai bahan alamiah. Cenil adalah jajanan pasar tempo dulu yang memiliki tekstur dan rasa yang sangat khas. Tampilannya yang warna-warni, pasti membuat Anda ingin segera menyantapnya. Kekhasannya membuat cenil menjadi salah satu buruan para pencinta kuliner tradisional. Jajanan Pasar – Tak hanya teknologi dan transportasi, di jaman serba modern beragam makanan ala kids jaman now lekas bermunculan.