Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pecel Lele Anti Gagal

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pecel Lele Anti Gagal

Pecel Lele. Pecel Lele or Pecak lele is an Indonesian deep fried Clarias catfish dish originating from Lamongan, East Java, Indonesia. It consists of catfish served with traditional sambal chili paste, often served with fried tempeh and/or tofu and steamed rice. It is a popular Javanese dish widely.

Pecel Lele Good food Pecel Lele is an Indonesian fried catfish dish served with rice and red and green sambal. This is simple street food that fills the belly, which may be why it's a standout across Jakarta. Pecel lele di Indonesia adalah nama sebuah makanan khas Jawa yang terdiri dari ikan lele dan sambal (bumbu) pecel.

Sedang mencari inspirasi resep pecel lele yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pecel lele yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pecel lele, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pecel lele yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Pecel Lele or Pecak lele is an Indonesian deep fried Clarias catfish dish originating from Lamongan, East Java, Indonesia. It consists of catfish served with traditional sambal chili paste, often served with fried tempeh and/or tofu and steamed rice. It is a popular Javanese dish widely.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan pecel lele sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Lele menggunakan 18 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Baca Juga  Easiest Way to Make Delicious Ayam Betutu

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pecel Lele:

  1. Siapkan 3 ekor ikan lele size sedang.
  2. Siapkan Secukupnya minyak untuk menggoreng.
  3. Gunakan Bumbu Marinasi.
  4. Ambil 1 sdm bawang putih bubuk/3 siung bawang putih halus.
  5. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk.
  6. Gunakan 1 sdt kunyit bubuk.
  7. Sediakan Secukupnya garam.
  8. Sediakan Bahan Sambal.
  9. Gunakan 10 siung bawang merah.
  10. Gunakan 3 siung bawang putih.
  11. Siapkan 10-15 cabe rawit/ sesuai selera pedas.
  12. Gunakan 2 buah tomat, potong².
  13. Siapkan 1 kotak terasi kemasan.
  14. Siapkan Secukupnya gula merah.
  15. Siapkan Gula pasir.
  16. Siapkan Garam.
  17. Siapkan Pelengkap.
  18. Siapkan Timun & kol.

Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang. Makanan ini sangat digemari di Pulau Jawa sebagai alternatif masakan ayam, terutama. Agar lele semakin terasa gurih, dalam resep pecel lele anda dapat menambahkan penggunaan bawang putih.

Cara membuat Pecel Lele:

  1. Cuci bersih lele, kerat². Marinasi lele dengan bumbu marinasi..
  2. Goreng lele hingga kering. Sisihkan..
  3. Siapkan bahan sambal, kemudian goreng dengan sedikit minyak hingga layu matang..
  4. Pindahkan bahan sambal yang telah digoreng dalam cobek beri gula merah, gula pasir & garam. Ulek hingga halus. Koreksi rasa..
  5. Sajikan lele goreng bersama sambal & pelengkap..

Rendam lele dalam bumbu selama beberapa saat agar bumbu meresap. Saat menyajikan jangan lupa sertakan lalapan segar sebagai pendamping. Lihat juga resep Pecel lele homemade enak lainnya. Resep cara membuat sambal pecel lele, rasanya itu seenak yang biasa dipinggir jalan. Sehingga cocok juga buat ayam goreng, bebek goreng, dan lain-lain.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pecel lele yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga  Recipe: Yummy Malbi daging sapi